Keseruan di Smartkids Asia Indonesia Keduaku


Tahun 2016 lalu, tepatnya di Bulan Januari, saya  tertarik dengan sebuah acara yang diadakan di JCC, pertama karena memang tempatnya dekat *pertimbangan terpenting, yang kedua karena aku suka sekali acara berbau anak-anak.

Waktu tahun 2016 itu aku datang dua kali, yang pertama untuk mengambil hadiah. Aku menang dalam giveaway yang diadakan di minggu pertama. Hadiahnya adalah wireless phone Philips.


Yang kedua aku datang bersama keluarga kakak ipar. Walapun aku tak banyak belanja dan ikut andil dalam acara, karena anakku waktu itu masih 9 bulan. Aku sangat berharap bisa mendatangi lagi di tahun depan.

Harapanku jadi kenyataan. Tahun ini tepatnya tanggal 17-19 februari 2017, aku dapat melihat lagi keseruan acara ini.


Kali ini aku datang lebih awal, ketika pembukaan pada hari Jumat jam 10 pagi. Yah namanya bukan Jakarta kalau ga macet, aku pun sampai disana sudah hampir jam 11.

Kalau tahun lalu aku ga begitu banyak belanja, di tahun ini aku sengaja persiapan ngisi dompet untuk mborong beberapa perintilan anak-anak.

Kalau dulu aku bawa anak pertama yang 9 bulan, sekarang bawa anak yang kedua 5 bulan, hehehehe. Aku datang dengan teman ku, karena suami lagi ke luar kota.

Salah satu daya tarik SmartKids Asia ini adalah adanya Goodie Bag gratis, bernilai IDR 10.000 an *aku itung-itung sendiri. Hari gini siapa sing yang ga mau gratisan, ye kann…

Ga banyak booth yang aku kunjungi, tapi aku sudah membuat beberapa list booth yang aku butuhkan.
Popok adalah tujuan utama

Ya dari acara ini yang aku cara adalah booth popok, karena sempet nyari di sosmed mereka, kalau ada pameran biasanya mereka nurunin harga.

GOO’N

Booth yang pertama aku kunjungi adalah GOON, mereka menawarkan berbagai hadiah menarik jika kita melakukan pembelian yang sudah di tentukan.


Sayangnya ukuran popok yang kucari ga ada, ya pergilah aku mencari pangeran lain *halahh popok maksudnya.

POKANA PANTS

Aku mampir kesini karena memang harganya yang lumayan banget dan plus dapet kesempatan photo di booth nya untuk dapat kesempatan dapetin tas tottebag cantik. [Update] aku menang-is, ga dapet tottebagnya.


Langsung terpengaruh dong,, walaupun anak ku belum pernah pakai popok ini, ga salahnya nyoba *tipe kulit anak ku Alhamdulillah ga sensitive.

BABY HAPPY

Hunting popok ketiga dan terakhir, karena booth popoknya cuma tiga, beda dengan IMBEX yang banyak banget. Aku udah pernah coba popok ini dan Alhamdulillah kulit anak ku baik-baik saja.


Selain harganya murah, aku rasain kualitas dan kelembutan popoknya juga lumayan, makanya aku langsung cuss beli 2 pak, dan tentu dapet embel-embel bisa coba hoki di roda putar.

Aku selalu ga hoki kalau suruh muter-muter roda gitu, sudah ssering kali aku beli sesuatu pengenya dapet hadiah itu, eh malah dapet ini. Perasaan mah udah doa terus menerus sebelum muter, tapi tetep aja ga hoki.

Karena dah pengalaman gitu, jadi aku suruh temen aku yang muter, siapa tau dia dapet hoki. Dannnnnnn ternyataaaaa kenyataan, dia yang muter dapet payung !

Semakin yakin kan kalo aku ga pernah beruntung kalo  masalah muter memuter. Eh siapa tau ada lain kali aku muter dapet rumah atau mobil. Amiiiinnnn.

KODOMO

Aku selalu nyari booth yang memang kita bisa dapet keuntungan lebih dengan modal sedikit. Ya sesuailah dengan prinsip ekonomi. Kebetulan juga sabun mandi dan shampoo anakku habis.

Booth Kodomo menawarkan pembelian paket yang menarik. Paket 25.000 hadiah koper kecil, dan paket 50.000 hadiah tas lucu.


Aku pilih paket 50.000, tapi sebenernya pengen yang koper. Cuma pas lihat kopernya kayaknya “ringkih” , mungkin sekali dibanting Hadzwa udah rusak kali tu koper. Anaknya Wonder Kids banget.

OLX

Mampir kesini sebenernya cuma liat-liat aja, ga ada niat buat beli. Tapi namanya emak-emak kalo liat baju anak lansung khilaf.


Lumayan masih bagus sih bajunya, tapi ada beberapa yang udah ga layak pakai. Kalau urusan mencari baju bekas, saya sudah terlatih, bahkan di latih langsung oleh Bapak saya dulu, beliau suka banget beli baju di pasar imporan, biar ngirit katanya.

Salah satu Ibu muda yang sedang melihat bersama saya juga sedikit ngeluhin masalah harga sih, secara itu kan bekas, semahal-mahalnya barang, kalau bekas, apalagi baju, ga pantes sih kalau di jual dengan harga mahal.

Mahal disini maksudnya, berharap harganya sekitar IDR 20.000 atau 10.000 lah ya, itu standar harga baju bekas anak-anak. Nah ini malah IDR 30.000. Agak nyesel sih beli, tapi mb yang jaga bilang kalau nanti uang hasil jualan mau di donasikan. Ya sudah, hilanglah kesal dan rasa penyesalan.

BABYRASHSHOP

Ini diluar booth yang aku list sebenernya, tapi kayak gini yang bahaya, biasa membuat pembekakan kanker. Kenapa aku kesini ? karena booth ini jual baju anak-anak yang unyu-unyu, dan harganya miringggg, setelah sedikit dikecewakan oleh OLX, jadi kesini mata langsung terbutakan.


Jadilah beli overall atau baju kodok, yang menurut aku unyu banget, IDR 50.000.
Akhirnya kita kecapean, dengan membawa beban yang sangat berat, beban hidup dan beban belanjaan, kita putuskan Pulanggg! Dan dompet pun meneriakkan hal yang sama.

KESIMPULAN

Ini apa-apaan ada kesimpulannya segala. Kesimpulan pertama lebih ke  perbandingan, kalau dulu 2016 Smartkids nya lebih ramai, mungkin karena aku datangnya hari kedua dan ketiga, sedangkan yang tahun ini aku datang pas hari kerja jadi sepi.

Kalau dulu ada banyak sekali booth yang kukunjungi, ada booth printer, booth mainan di smartphone, di tahun ini ada sih tapi beda sama yang dulu.

Di tahun ini booth baru yang aku kunjungi tapi sebentar adalah booth Dwinguler tentang matras anak, ada juga booth yang pingin aku kunjungi tapi ga kesampean, booth Sleek Baby, booth tentang mainan dan buku anak-anak.

Mungkin perasaan ku aja ya, aku ngerasa lokasi hall Smartkids Asia lebih sempit disbanding tahun lalu. Tapi dibalik itu semua, aku tetep pengen datang di acara ini Insyaallah tahun depan. Pengen ikutan lomba-lomba yang diselenggarakan, anakku kan udah lumayan gede.

Tidak lupa pula aku mau bagi Tips – Tips menghadiri acara pameran seperti SmartKids Asia ini;

1.       Pantengin SosMed pameran yang akan berlangsung.
Penting sekali dilakukan agar ga ketinggalan setiap up date acara setiap saat, ketika mendekati hari H.

2.       Kalau ada waktu Stalking Setiap FanPage brand yang ikut turut dalam acara.
Ada puluhan bahkan ratusan brand yang memperkenalkan produknya, alangkah baiknya kalau ada waktu, lihatlah semua fanpage nya, agar tau promo apa saja yang berlangsung hari itu. Kalau ada waktu loh yaa.

Coba bayangin seandainya ada produk tertentu yang diskon sampai 70% tapi kamu ga tau karena ga memasukkan dalam daftar wishlist.

3.       Buat list kebutuhan yang perlu dibeli.
Kalau aku, list dibuat setelah kita stalking seperti nomer 2 di atas, dengan catatan kalau ada waktu buat stalking. Kalau ga ada ya pokoknya stalking aja sbanyak yang kamu bisa, trus catet promo dan sale yang paling wow,atau bisa juga catet barang yang memang bener-bener kamu beli. Semoga saja barang yang kamu inginkan pas hari H sale 90%.

4.       Download acara dan peta booth.
Ini penting, soalnya pernah pengalaman ga mengenakkan gara-gara ga tau peta denah acara itu, aku dan beberapa ibu lainnya bingung nyari Ruang Menyusui, bahkan kita sempat menyalahkan “mereka” kok acara sebesar ini ga ada ruang menyusui.

Ehh pas pulang ke rumah barulah sempet liat tu peta, dan ternyata saudaraaa, di setiap sudut hall tersebut telah disediakan ruang menyusui. Nyesekk kann. 

Peta juga bisa di download melalui situs official acara yang akan berlangsung, jadi kuasai medan sebelum berperang!

5.       Tandai dan catat booth yang ingin kamu kunjungi.
Setelah tahu seluk beluk peta, saatnya mencocokan list hasil perburuanmu dengan letak harta karunmu di peta, agar gampang nyarinya dan ga habis waktumu hanya dengan muter-muter ga jelas. Selain itu juga bisa menghemat tenaga dan dompet mu.

6.       Buat rincian pembelanjaan.
Kalau tak ingin dompet jebol. Please bikin rinciannya barang apa yang ingin kamu beli, jika di fanpagenya belum memasang harga, berilah harga sesuai keadaan normal. Semua ini mencegah agar mata hati kita tidak buta oleh nikmatnya dunia perbelanjaan.

7.       Ikuti kuis dan kompetisi yang berlangsung.
Aku banget dah ini. Jangan sampai kamu udah beli ratusan ribu bahkan jutaan, namun ada kuis yang adalah lumayan ga ikut, kan sayanggg. Gila kuis nih maklum.

8.       Titipin belanjaan di tempat penitipan.
List udah, peta udah hafal, nah sekarang waktunya belanja. Cari tempat yang bisa untuk menitipkan barang bawaan. Karena dengan menenteng bawaan yang super ribet bisa menguras tenagamu yang sebenarnya masih bisa digunakan untuk berburu barang buruan.

9.       Datang ketika pas lagi ga ramai
Namanya pameran terbesar, wajar dong sampe desek-desekan, padahal ini diniatin buat anak, jangan sampai anak jadi korban sengol sana-sini. Maka dari itu memahami kondisi medan dan memilih waktu yang sepi adalah salah satu trik yang bagus, agar anak nyaman, kita pun nyaman menghabiskan uang. *lahhhh.

Itulah sekelumit cerita perjalanan ku di SmartsKids Asia Indonesia Edition, pameran anak terbesar. Berharap semoga tahun depan ada lagi dan bisa ikutan salah satu lombanya.

Serta bisa memenangkan hadiahnya *beh banyak maunya. Yuk yang belum datang tungguin ya, dan ada dua acara lagi tahun ini yang juga sangat menarik.

Yang pertama Indocomtech dan IMBEX 2017, bagaimana keseruannya..
Selalu update blog ku ya.

Insya Allah…..

Kalau ingin tahu lebih lanjut informasi tentang SmartKids Asia, jalan - jalan yuk ke Fanpage nya :

Komentar

Azzura Lhi mengatakan…
Wah, sayang saya gak tahu acara ini.
Kan mayan buat liat2 keperluan bayi,siapa tahu ada harga miring. Huhhu
Tira Soekardi mengatakan…
wah asyiknya ya, bisa bergembira
Empathary mengatakan…
Hehehehe iya teh... Bergembira diatas penderitaan dompet
Empathary mengatakan…
Tenang teh,, nanti november kalo ga salah ada yg lebih big lagi, IMBEX 2017, siapin kantong, n tabungan hahahahha

Postingan Populer